Savitri, Dea Angga Pertiwi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOLAVOLI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1629121003-COVER.pdf Download (291kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1629121003-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629121003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629121003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629121003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629121003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1629121003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629121003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1629121003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dea Angga Pertiwi Savitri. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Bolavoli Ditinjau Dari Motivasi Belajar”. Tesis. Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Kanca, M.S dan Pembimbing II: Dr. Made Agus Dharmadi, S.Pd., M.Pd. Kata-kata Kunci : Kooperatif, Hasil Belajar, Bolavoli, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar bolavoli ditinjau dari motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan mengunakan desain faktorial 2x2. Populasi berjumlah 465 orang peserta didik SMK Negeri 1 Singaraja. Sampel berjumlah 114 orang peserta didik ditentukan dengan teknik simple random sampling, Data kemampuan hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data motivasi belajar dikumpulkan melalui kuisioner motivasi belajar. Kedua instrumen telah divalidasi sebelum diberikan pada sampel penelitian. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar passing bolavoli antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe TGT, 2) terdapat pengaruh interaksi yang siginifikan antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing bolavoli pada peserta didik, 3) terdapat perbedaan hasil belajar passing bolavoli antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe TGT pada kelompok peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, 4) terdapat perbedaan hasil belajar passing bolavoli antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe TGT pada kelompok peserta didik dengan motivasi belajar rendah. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bolavoli. Model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih unggul dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelompok peserta didik dengan motivasi belajar tinggi sedangkan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih unggul dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada kelompok peserta didik dengan motivasi belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Hasil Belajar, Bolavoli, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | Dea Angga Pertiwi Savitri |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:46 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3330 |
Actions (login required)
View Item |