Serianti, Niwayan (2020) Pengembangan Skala Adversity Quotient Peserta Didik SMK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611011016-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611011016-ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611011016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611011016-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan skala Adversity Quotient pada peserta didik SMK. Adversity Quotient yaitu kecerdasan atau kemampuan individu bertahan dalam menghadapi situasi yang penuh dengan tantangan serta mampu mengatasi tantangan tersebut. Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik sangatlah beragam diantaranya kesulitan dalam mengerjakan tugas, ulangan, ujian dan kesulitan dalam bertahan menghadapi sebuah tantangan. Ketahanan ini sangat diperlukan oleh peserta didik dalam menghadapi kesulitan dan tantangan dalam menyelesaikan segala kewajibannya sebagai pelajar. Metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Model penelitian dan pengembangan dengan model 4D terdiri dari 4 tahapan. Tetapi pada penelitian ini model pengembangan 4D (four-D) telah dimodifikasi menjadi model 3D ( three-D) yang terdiri dari define, design, dan develop Subyek dari penelitian pengembangan ini merupakan SKALA DARI Adversity Quotient serta para ahli dan praktisi, diantaranya 3 ahli bimbingan dan konseling dan 2 guru bimbingan dan konseling untuk menghasilkan Prototype yang terdiri dari 60 butir pernyataan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Formula Lawshe tentang content validity ratio (CVR) dan CVI (content validity indeks). Berdasarkan hasil perhitungan CVR diperoleh bahwa hasil CVR yaitu sebesar 60, sehingga nilai CVR ≥ 0.60 dan hasil dari analisis CVI yaitu diperoleh sebesar 1. Sehingga isi butir Skala Adversity Quotient dinyatakan Valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Skala Adversity Quotient. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN SERIANTI |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 15:04 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 15:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3653 |
Actions (login required)
View Item |