mirahpurnamadewi, putu (2020) PENGARUH PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1529051025-COVER.pdf Download (993kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1529051025-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB I)
1529051025-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB II)
1529051025-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
1529051025-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
1529051025-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
1529051025-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1529051025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1529051025-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk dapat memecahkan permasalahan matematika dalam kehidupan nyata. Kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah sehinga perlu dikaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) terhadap kemampuan literasi matematis pada materi persamaan linier satu variable ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksprerimen semu dengan desain treatment by level. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 352 orang siswa yang terbagi ke dalam sebelas kelas yang setara. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan teknik ini diperoleh sampel penelitian sebanyak 128 orang tersebar ke dalam 4 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan kuisioner. Tes kemampuan literasi matematika digunakan untuk mengumpulkan kemampuan literasi siswa dan kuisioner VVQ digunakan untuk mengumpulkan gaya kognitif siswa. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian dua jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Kemampuan literasi matematika kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan CRA lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dilihat dari gaya kognitif, siswa dengan gaya kognitif verbalizer yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CRA memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih tinggi dari pada siswa dengan gaya kognitif visualizer yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu dari hasil penelitian ini juga diperoleh bahwa tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran yang diterapkan dengan gaya kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AnalisisVarians; Concrete Representational Abstract; Gaya Kognitif; Kemampuan Literasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Mirah Purnama Dewi |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 16:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 16:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3920 |
Actions (login required)
View Item |