PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP BUDAYA CERDAS DALAM PERLINDUNGAN ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA MAS KABUPATEN GIANYAR

Ariasa, I Made (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP BUDAYA CERDAS DALAM PERLINDUNGAN ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA MAS KABUPATEN GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829031010-COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829031010-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829031010-BAB 1 PENDAHULUAN.docx.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829031010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829031010-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha untuk mewujudkan budaya cerdas dalam perlindungan anak. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 300 siswa pada SD di desa Mas kabupaten Gianyar. Penentuan sampel digunakan kluster random sampling. Dengan teknik sampling tersebut, terpilih kelas 5 SD N 5 Mas sebagai kelas eksperimen dan kelas 5 SD N 8 Mas sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disusun untuk mengukur variabel budaya cerdas. Analisis data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji t (t-test). Hasil analisis data diperoleh bahwa budaya cerdas siswa yang dibelajarkan dengan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan tanpa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha (skor rerata kelompok eksperimen = 183,05 skor rerata kelompok kontrol = 168,17 dan t = 6,671). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tri kaya parisudha terhadap budaya cerdas siswa SD di desa Mas kabupaten Gianyar. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Budaya Cerdas

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Budaya Cerdas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Made Ariasa
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:52
Last Modified: 05 Oct 2020 04:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3958

Actions (login required)

View Item View Item