PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 PEKUTATAN

Subawa, I Putu Merta (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 PEKUTATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021006-COVER.pdf

Download (586kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021006-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KANJIAN TEORI)
1613021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021006-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa yang belajar dengan model Problem Based e-Learning (PBeL) dan model Direct Instruction e-Learning (DIeL). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one way non-equivalent pretest-posttest control grups design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pekutatan Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 134 siswa. Sampel penelitian berjumlah 65 siswa dan terdistribusi ke dalam dua kelas, diambil dengan teknik random assignment. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah. Nilai reliabitas tes 0,757. Konsistensi internal butir sebanyak 13 butir yang konsisten dari 15 soal di uji coba. Data dianalisis secara deskripsif untuk mencari nilai persentase dan mean, serta analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur (α = 0,05) dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok model PBeL dan model DIeL masing-masing sebesar (M = 96; SD = 8,7) dan (M = 83; SD = 10,1), 2) Uji hipotesis menunjukan nilai statistik F* = 269,956 dengan sig. 0,001 (p < 0,05) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Hasil analsis menunjukan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa antara kelompok yang belajar dengan model PBeL dan model DIeL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based e-Learning, Model Direct Instruction e-Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Putu Merta Subawa
Date Deposited: 20 Oct 2020 01:57
Last Modified: 20 Oct 2020 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item