PENGARUH MODEL RESEARCH BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Sari, Linda Purnama (2020) PENGARUH MODEL RESEARCH BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021019_COVER.pdf

Download (378kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021019-ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MERODELOGI PENELITIAN)
1613021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021019-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika antara siswa yang belajar dengan model research based e-learning (RBeL) dan siswa yang belajar dengan model direct e-learning (DeL). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasinya adalah 5 kelas (185 orang) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja. Sampel adalah 2 kelas (74 orang) yang dipilih dengan teknik random assigment dan terpilih kelas X MIPA 3 (37 orang) sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 (37 orang) sebagai kelas eksperimen. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri atas 16 butir soal essay. Analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil data penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model research based e-learning (RBeL) dan yang belajar dengan menggunakan model direct e-learning (DeL)(F^*=159,814 p < 0,05). Kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan RBeL (M = 77,68; SD = 2,88) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar dengan DeL (M = 68,97; SD = 3,28). Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja lebih bermakna jika menggunakan RBeL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran research based e-learning (RBeL), model pembelajaran direct e-learning (DeL), kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Linda Purnama Sari
Date Deposited: 23 Oct 2020 07:32
Last Modified: 23 Oct 2020 07:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item