Damayanti, Putri Surya (2020) Analisis Keintegrasian Muatan Pelajaran Sekolah Dasar Kelas III Tema Energi dan Perubahannya Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041002-COVER.pdf Download (701kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041002-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829041002-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829041002-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829041002-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041002-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1829041002-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041002-LAMPIRAN.pdf Download (35MB) |
Abstract
ABSTRAK Damayanti, Putri Surya (2020), Analisis Keintegrasian Muatan Pelajaran Sekolah Dasar Kelas III Tema Energi dan Perubahannya Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I.B. Putu Arnyana, M.Si dan Pembimbing II: Prof. Dr. Nyoman Dantes Kata-kata kunci: Integrasi Intradisipliner, Integrasi Multidisipliner, Kurikulum 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keintegrasian muatan pelajaran pada empat komponen pembelajaran di sekolah dasar kelas III tema energi dan perubahannya Kurikulum 2013 yaitu materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, serta rancangan media dan sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari buku guru dan buku siswa. Metode analisis data diantaranya pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan klasifikasi integrasi multidisipliner memiliki presentase 90,6% berkategori sangat baik. Kedua, terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan klasifikasi integrasi multidisipliner memiliki presentase 94,7% berkategori sangat baik. Ketiga, terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan klasifikasi integrasi intradisipliner memiliki presentase 88% berkategori baik. Keempat, terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan klasifikasi integrasi intradisipliner memiliki presentase 98,6% berkategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi Intradisipliner, Integrasi Multidisipliner, Kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Putri Surya Damayanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 01:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4179 |
Actions (login required)
View Item |