Analisis Keintegrasian Muatan Pelajaran Sekolah Dasar Kelas 3 Tema Perkembangan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum 2013

Hairullah, Hairullah (2020) Analisis Keintegrasian Muatan Pelajaran Sekolah Dasar Kelas 3 Tema Perkembangan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041009-COVER.pdf.pdf

Download (646kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041009-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until November 2020.

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041009-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until November 2020.

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041009-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041009-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskrepsikan keintegrasian materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, dan rancangan media dan sumber di belajar buku guru dan buku siswa sekolah dasar kelas III tema Perkembangan Teknologi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan tingkat keintegrasian 98,7% kategori sangat baik dengan klasifikasi multidisipliner. 2) Terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan tingkat keintegrasian 79,3% kategori sedang dengan klasifikasi intradisipliner. 3) terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan tingkat keintegrasian 71% kategori sedang dengan klasifikasi intradisipliner. 4) terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan tingkat keintegrasian 91% kategori sangat baik dengan klasifikasi intradisipliner dengan demikian analisi keintegrasian ini pada keempat komponen sudah baik seta dapat diimplementasikan di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keintegrasian, Muatan Pelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Hairullah
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:49
Last Modified: 21 Oct 2020 08:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4266

Actions (login required)

View Item View Item