Putra, Putu Gede Nangga (2020) HUBUNGAN STRES KERJA, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SD SE-KELURAHAN PEMECUTAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829031022-COVER.pdf Download (446kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829031022-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829031022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829031022-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh guru-guru dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini secara umum terjadi karena dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi motivasi dan komitmen organisasi, sedangkan faktor eksternal meliputi stress kerja dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stress kerja, budaya organisasi, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian ex-post facto dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik non-tes berupa kuesioner. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 53 guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara stress kerja dan kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan tahun pelajaran 2019/2020 dengan koefisien rhitung = 0,211 yang memiliki kontribusi hanya sebesar 4,5% dan sumbangan efektif sebesar 1,56%, (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dan kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan tahun pelajaran 2019/2020 dengan koefisien rhitung = 0,182 yang memiliki kontribusi hanya sebesar 3,3% dan sumbangan efektif sebesar 0,39%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan tahun pelajaran 2019/2020 dengan koefisien rhitung = 0,275 yang memiliki kontribusi sebesar 7,5% dan sumbangan efektif sebesar 7,65%, (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen organisasi dan kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan tahun pelajaran 2019/2020 dengan koefisien rhitung = 0,083 yang memiliki kontribusi hanya sebesar 0,7% dan sumbangan efektif sebesar 0,97%, dan (5) terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara stress kerja, budaya organisasi, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru SD se-Kelurahan Pemecutan tahun pelajaran 2019/2020 dengan koefisien rhitung = 0,294 yang memiliki kontribusi sebesar 8,6%. Berdasarkan hasil penelitian, maka pihak terkait khususnya kepala sekolah dan pengawas dalam meningkatkan kinerja guru perlu mengkaji kembali faktor-faktor lain yang memiliki hubungan dengan kinerja guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stress kerja, budaya organisasi, motivasi, komitmen organisasi, kinerja guru |
Subjects: | L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Putu Gede Nangga Putra |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 01:29 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 01:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4275 |
Actions (login required)
View Item |