Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berlandaskan Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas IV Di Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun 2019/2020

Putra, I Made Diantara Adi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berlandaskan Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas IV Di Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031296-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031296-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031296-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031296-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031296-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031296-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031296-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031296-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031296-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together berlandasakan Tri Kaya Parisudha dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together berlandaskan Tri Kaya Parisudha pada siswa SD kelas IV Gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Eksperimen) isi dengan rancangan non equivalent post-test only control grup design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian ditentukan teknik simpel random sampling dengan IVB SD 4 Kampung Baru sebagai kelas kontrol dan kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar IPA yang berupa tes objektif. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Independent Sample t-test. Uji t diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan skor yang berarti antara kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berlandaskan Tri Kaya Parisudha dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas IV di Gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: NHT, IPA, Tri Kaya Parisudha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Diantara Adi Putra
Date Deposited: 22 Oct 2020 08:59
Last Modified: 22 Oct 2020 08:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item