ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS II TEMA KEBERSAMAAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

ARIA DARMAWAN, I KETUT (2020) ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS II TEMA KEBERSAMAAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041008-COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041008-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041008-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Darmawan, I Ketut Aria (2020), Analisis Keintegrasian Muatan Pelajaran Sekolah Dasar Kelas II Tema Kebersamaan Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes, II: Prof. A.A.I.N Marhaeni, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan keintegrasian materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, dan rancangan media dan sumber di belajar buku guru dan buku siswa sekolah dasar kelas II tema Kebersamaan. Penelitian ini memggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu: 1) terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 93,0% dengan kasifikasi intradisipliner; 2) terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan tingkat keintegrasian baik sebesar 81,0% dengan kasilfikasi intradisipliner; 3) terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan tingkat keintegrasian baik sebesar 78,0% dengan klasifikasi intradisipliner; 4) terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 90,0% dengan klasifikasi intradisipliner dengan demikian analisi keintegrasian ini pada keempat komponen sudah baik seta dapat diimplementasikan di sekolah dasar. Kata- kata kunci: Keintegrasian, Muatan Pelajaran, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keintegrasian, Muatan Pelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Ketut Aria Darmawan
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:14
Last Modified: 26 Oct 2020 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item