HUBUNGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kusuma Wardani, Made (2020) HUBUNGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031364-COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031364-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031364-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031364-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031364-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031364-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031364-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031364-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031364-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan penguatan pendidikan karakter terhadap hasil belajar Matematika Siswa SD Kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost-Facto dengan mengkorelasikan penguatan pendidikan karakter variabel (X) dan hasil belajar Matematika variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020 yang berjumlah 202 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data pengaruh penguatan pendidikan karakter dan pencatatan dokumen untuk memperoleh nilai hasil belajar Matematika Siswa SD Kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas sebaran data, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan teknik regresi sederhana. Analisis penelitian ini diperoleh besarnya nilai rtabel dapat diperoleh dengan derajat kebebasan ( df = N-2). Pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh df = 108-2 =116 dan diperoleh rtabel sebesar 0.189, sedangkan rhitung=0.98. Dikarenakan rhitung > rtabel, hal ini berarti terdapat hubungan penguatan pendidikan karakter terhadap hasil belajar Matematika Siswa SD Kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020. Kata kunci: pendidikan karakter, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Kusuma Wardani
Date Deposited: 23 Oct 2020 10:17
Last Modified: 23 Oct 2020 10:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item