Kusuma Wardani, Made (2020) HUBUNGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031364-COVER.pdf Download (635kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031364-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031364-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031364-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031364-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031364-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031364-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031364-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (313kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031364-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan penguatan pendidikan karakter terhadap hasil belajar Matematika Siswa SD Kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost-Facto dengan mengkorelasikan penguatan pendidikan karakter variabel (X) dan hasil belajar Matematika variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020 yang berjumlah 202 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data pengaruh penguatan pendidikan karakter dan pencatatan dokumen untuk memperoleh nilai hasil belajar Matematika Siswa SD Kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas sebaran data, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan teknik regresi sederhana. Analisis penelitian ini diperoleh besarnya nilai rtabel dapat diperoleh dengan derajat kebebasan ( df = N-2). Pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh df = 108-2 =116 dan diperoleh rtabel sebesar 0.189, sedangkan rhitung=0.98. Dikarenakan rhitung > rtabel, hal ini berarti terdapat hubungan penguatan pendidikan karakter terhadap hasil belajar Matematika Siswa SD Kelas IV di Gugus III Kecamatan Tejakula 2019/2020. Kata kunci: pendidikan karakter, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Kusuma Wardani |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 10:17 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 10:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4362 |
Actions (login required)
View Item |