Febiola, Komang Ayu and Ambara, Didith Pramunditya and Wulandari, I Gusti Agung Ayu (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Badung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061053-COVER.pdf Download (989kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061053-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061053-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1). Merancang media pembelajaran pohon angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK kelompok B, (2). Memahami tingkat kelayakan pada pengguna media pembelajaran pohon angka dari ahli media pembelajaran dan ahli materi, serta mendapat respon pengguna produk yaitu guru kelompok B. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelompok B di TK Negeri Pembina Badung. Hasil yang sudah dujicobakan terhadap ahli materi mendapatkan persentase skor 82,50% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Hasil yang didapatkan pada ahli media pembelajaran mendapatkan persentase skor 90,00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Hasil respon pengguna produk yaitu dari 6 orang guru kelompok B dengan persentase skor 88,50% dengan keterangan sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapat pada uji coba produk tersebut maka dinyatakan bahwa media pembelajaran pohon angka yang telah dikembangkan dapat digunakan di sekolah TK sebagai media pembelajaran. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam membantu proses pembelajaran dikelas. Kata Kunci: Media pembelajaran, Pohon Angka, Kemampuan Berhitung Permulaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Pohon Angka, Kemampuan Berhitung Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Febiola |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 22:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 22:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4387 |
Actions (login required)
View Item |