TEACHERS’ STRATEGIES IN PROMOTING THE 21ST CENTURY LEARNING SKILLS IN ONLINE CLASS IN TOURISM VOCATIONAL HIGH SCHOOLS IN BADUNG REGENCY

Rezandy, Made Aditya Pras (2020) TEACHERS’ STRATEGIES IN PROMOTING THE 21ST CENTURY LEARNING SKILLS IN ONLINE CLASS IN TOURISM VOCATIONAL HIGH SCHOOLS IN BADUNG REGENCY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081009-COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081009-ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081009-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Made Aditya Pras Rezandy (1829081009) Strategi Guru Dalam Mendorong Keterampilan Belajar Abad 21 Di Kelas Online Pada Siswa SMK Pariwisata Di Kabupaten Badung (Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha) Kata kunci: keterampilan belajar, abad 21, pariwisata, kelas online Isu terkini penyakit Covid-19 mempengaruhi sektor pendidikan termasuk dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mempromosikan keterampilan belajar abad 21 yang digunakan oleh guru bahasa Inggris pada kelas online di SMK Pariwisata Kabupaten Badung. Strategi dalam mempromosikan keterampilan belajar abad 21 yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dijelaskan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengamati strategi yang muncul selama kegiatan kelas online; dan pedoman wawancara untuk dijadikan pedoman dalam mewawancarai guru tentang perspektif guru bahasa Inggris tentang faktor pendukung dan tantangan dalam menggunakan strategi. Strategi yang paling banyak digunakan adalah strategi pertama: menggunakan materi dan topik yang relevan. Salah satu guru secara optimal menggunakan 8 dari 9 strategi di Sembilan Pelajaran Savveedra. Dia menggunakan materi dan topik yang relevan, membantu siswa untuk memahami disiplin ilmu, dan mengembangkan pemikiran kritis mereka melalui persiapan presentasi individu dengan melibatkan siswa untuk memikirkan tentang apa yang akan mereka bicarakan. Selain itu, ia juga membekali siswa untuk mempraktekkan keterampilannya dalam merencanakan dan belajar sendiri sehingga merupakan implementasi dari cara mengajar untuk belajar sebagai strategi kelima. Penerapan strategi keenam, kedelapan, dan kesembilan terlihat jelas melalui presentasi. Di sisi lain, strategi ketujuh: Meningkatkan kerja tim sebagai hasil tidak digunakan oleh semua subjek penelitian ini. Alasan yang dikemukakan oleh sebagian besar guru adalah karena kesulitan yang mereka hadapi dalam melaksanakan proyek kerja tim selama kelas online efektif karena isu terkini. Peneliti menyimpulkan bahwa dari 9 strategi dalam Sembilan Pelajaran Savveedra, penggunaan materi yang relevan dan pemanfaatan teknologi ke dalam kegiatan kelas adalah yang paling banyak digunakan oleh guru di antara yang lain. Dan dari Sembilan strategi yang diberikan, 8 strategi digunakan oleh para guru bahasa Inggris. Satu-satunya strategi yang tidak digunakan adalah strategi ketujuh: Kerja tim sebagai hasil. Para guru menyatakan bahwa membuat kegiatan berbasis kerja kelompok melalui online tidaklah mudah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan belajar, abad 21, pariwisata, kelas online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Made Aditya Pras Rezandy
Date Deposited: 29 Oct 2020 07:10
Last Modified: 29 Oct 2020 07:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4666

Actions (login required)

View Item View Item