Kusuma, Ida Bagus Gede Ananda Putra (2019) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di Kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1412061006-COVER.pdf Download (909kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1412061006-ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412061006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412061006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412061006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412061006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1412061006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412061006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1412061006-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS XII BAHASA SMA N 1 ABIANSEMAL Oleh Ida Bagus Gede Ananda Putra Kusuma 1412061006 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Dan Seni Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran bahasa Jepang dengan pembelajaran kooperatif di kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan strategi kooperatif di kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru pada mata pelajaran bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi kooperatif dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas XII bahasa SMA N 1 Abiansemal telah dilaksanakan oleh guru. Dalam pembelajaran bahasa Jepang pembelajaran kooperatif dilakukan pada kegiatan latihan pembuatan kalimat. Penggunaan strategi kooperatif yang telah digunakan oleh guru membuat siswa lebih aktif dalam belajar. (2) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan strategi kooperatif dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah kendala pemilihan sumber ajar, kendala dalam kegiatan kelompok, dan kendala dalam evaluasi. Kata kunci : bahasa jepang, strategi kooperatif, strategi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa jepang, strategi kooperatif, strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Gede Ananda Putra Kusuma |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 02:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/469 |
Actions (login required)
View Item |