Suryadinatha, Bagus Mahalika (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran PJOK Berbasis Tematik Terpadu Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD pada Tema Kegemaranku Di Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1616011081-COVER.pdf Download (462kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1616011081-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011081-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011081-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011081-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1616011081-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan rancangan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu pada tema kegemaranku untuk SD kelas I di Kecamatan Buleleng. 2) Mendeskripsikan hasil uji validasi oleh ahli terhadap modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema kegemaranku di Kecamatan Buleleng. (3) Mendeskripsikan hasil uji coba lapangan persiapan terhadap modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema kegemaranku di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode R&D dengan menggunakan desain Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) rancangan desain modul pembelajaran menggunakan lima tahapan yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan bentuk pendahuluan produk, uji lapangan persiapan, revisi produk utama. Tahapan tersebut menghasilkan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu pada tema kegemaranku untuk SD kelas I. 2) validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi/materi dengan presentase 90,58% berada pada kategori sangat baik. Aspek media pembelajaran dengan presentase 93,33% berada pada kategori sangat baik. 3) Hasil uji lapangan persiapan guru dengan presentase 96,25% berada pada kategori sangat baik, hasil uji lapangan persiapan peserta didik dengan presentase 97,15% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema “Kegemaranku” di Kecamatan Buleleng layak digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik guna meningkatkan kemampuan belajar PJOK. Kata Kunci : pembelajaran tematik, PJOK, model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : pembelajaran tematik, PJOK, model pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Bagus Mahalika Suryadinatha |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 06:38 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 06:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4964 |
Actions (login required)
View Item |