Wulandari, Yunita (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MODA DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071022-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (744kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071022-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata-kata kunci: model discovery learning, prestasi belajar bahasa Inggris dan keterampilan menulis Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris dan keterampilan menulis antara peserta didik yang belajar dengan model discovery learning dengan peserta didik yang belajar dengan model direct instruction, dalam moda daring. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test-post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah delapan kelas XI SMA Negeri 1 Bebandem tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel sebanyak dua kelas diambil menggunakan teknik group simple random sampling. Data prestasi belajar bahasa Inggris diperoleh melalui tes obyektif dan data keterampilan menulis didapat dari tes kinerja. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik MANCOVA. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam moda daring menunjukkan: 1) terdapat perbedaan keterampilan menulis dan prestasi belajar bahasa Inggris secara bersama antara peserta didik yang belajar dengan model discovery learning dan peserta didik yang belajar dengan model direct instruction, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris antara peserta didik yang belajar dengan model discovery learning dan model direct instruction, dengan hasil yang lebih baik pada peserta didik yang belajar dengan model discovery learning, 3) terdapat perbedaan keterampilan menulis antara peserta didik yang belajar dengan model discovery learning dan model direct instruction, dengan hasil yang lebih baik pada peserta didik yang belajar dengan model discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning secara signifikan berpengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar bahasa Inggris dan keterampilan menulis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model discovery learning, prestasi belajar bahasa Inggris, keterampilan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Yunita Wulandari |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 11:05 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 11:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5174 |
Actions (login required)
View Item |