Arifin, Gabby (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1617011062-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1617011062-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1617011062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1617011062-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan penelitian dengan jenis penelitian quasi eksperimen dalam bentuk Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 90 orang, yang masing-masing terdistribusi dalam 3 kelas menggunakan teknik sampling simple random sampling sehingga sampel yang digunakan menjadi 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes berupa post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (uji parsial) atau uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, hal ini berarti bahwa nilai signifikansi < 0,005 yaitu 0,000 < 0,005 sehingga H0 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yaitu siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas kontrol yaitu siswa yang diajar mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | GABBY FARADA MAYURA ARIFIN |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 01:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5189 |
Actions (login required)
View Item |