Sunarti, Ni wayan (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 7E-ONLINE DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
1829071015-COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (Abstrac)
1829071015-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (Bab 1 pendahuluan)
1829071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (197kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian teori)
1829071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1829071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
1829071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (Penutup)
1829071015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
1829071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text (Lampiran)
1829071015-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Sunarti, Ni Wayan. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran 7E-Online dan Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Ekonomi. Tesis, Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si., dan Pembimbing II: Dr. I Komang Sudarma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran 7E, Gaya Kognitif, Pemahaman Konsep Pemahaman merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk mencapai kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman siswa pada pelajaran ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen di SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 164 siswa yang terdistribusi kedalam 5 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Dari empat kelas yang terpilih menjadi sampel diidentifikasi gaya kognitif siswa dengan menggunakan GEFT. Berdasarkan hasil tes, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang terdistribusi ke dalam empat sel analisis. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah pengetahuan awal sebagai kovariat dan data pemahaman konsep. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep. Tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda diperluas terdiri dari 25 butir dengan indeks validitas butir berkisar dari r = 0,28 s.d r = 0,60 dan indek reliabilitas alpha Cronbach = 0,716. Data dianalisis secara deksriptif dan dengan menggunakan ANACOVA faktorial 2×2. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil-hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep antara kelompok model pembelajaran 7E-Online dan kelompok model pembelajaran Konvensional (F = 5,588; p<0,05). Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep antara kelompok gaya kognitif field independent dan kelompok gaya kognitif field dependent (F = 6,875; p<0,05). Ketiga, dalam pencapaian pemahaman konsep, model pembelajaran dan gaya kognitif berinteraksi secara signifikan (F = 7,959; p<0,05). ABSTRACT Sunarti, N W. 2021. The Effect of 7E-Online Learning Model and cognitive style on Concept Understanding on eleventh student class in economic learning. Thesis, Learning Technologies, Post Graduate Program, University of Ganesha. This thesis has been approved and corrected by the first advisor: Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si., and the second advisor: Dr. I Komang Sudarma, S.Pd., M.Pd. Keywords : 7E-Online Learning Model, cognitive style, Concept Understanding Understanding is an important thing that must be possessed by students to achieve higher thinking skills. The purpose of this study was to see the effect of learning models and cognitive styles on students' understanding of economic lessons. To achieve this goal a quasi-experimental research was conducted at SMA Negeri 1 Bebandem in the 2020/2021 school year. The research design used was a pre-test post-test non-equivalent control group design. The population of this study were all students of class XI who added 164 students who were distributed into 5 classes. The sample was selected using simple random sampling. Of the four classes that were selected to be the identity of the student's cognitive sample using GEFT. Based on the test results, the number of samples in this study were 80 students who were distributed into the empathy analysis. The data collected in this study are initial knowledge as a covariate concept and understanding data. The data were understood by means of a concept understanding test. Concept understanding test is in the form of multiple choice. Consists of 25 items with an item validity index ranging from r = 0.28 to r = 0.60 and a Cronbach alpha reliability index = 0.716. Data were analyzed descriptively and using 2x2 factorial ANACOVA. Based on the results of data analysis, the following research results were found. First, there is a significant difference in concept understanding between the 7E-Online learning group model and the conventional learning model group (F=5.588; p<0.05). Second, there is a significant difference in understanding the concept between the field independent cognitive style group and the field dependent cognitive style group (F=6.875; p<0.05). Third, in understanding the concept of concepts, learning models and cognitive styles significantly (F=7.959; p<0.05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran 7E, Gaya Kognitif, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Sunarti |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 07:11 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 07:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5210 |
Actions (login required)
View Item |