Nabila, Segy Bintang (2021) POLA BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP MAYA SERIRIT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512011012-COVER.pdf Download (922kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512011012-ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011012-BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512011012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) teknik guru dalam pembelajaran teks eksposisi meningkatkan pola pikir kritis siswa di kelas VIII SMP Maya Seririt (2) interaksi siswa dalam pembelajaran teks eksposisi di kelas VIII SMP Maya Seririt dan (3) pola berpikir kritis siswa yang tampak dalam tulisan teks eksposisi di kelas VIII SMP Maya Seririt. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII di SMP Maya Seririt. Objek penelitian ini adalah teknik pembelajaran, interaksi siswa dan pola berpikir kritis siswa pada pembelajaran teks eksposisi. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan, penyimpulan. Adapun hasil penelitian ialah (1) guru menggunakan 3 metode pembelajaran dengan 3 teknik pembelajaran yang beragam yaitu teknik tanya jawab, teknik penugasan kelompok, dan teknik diskusi kelompok (2) interaksi yang terjadi di kelas menyangkut tiga interaksi yaitu, interaksi satu arah, interaksi dua arah, dan interaksi tiga arah (3) kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang dilihat dari hasil menulis teks eksposisi yang sudah dilaksanakan oleh guru belum memenuhi instrumen penilaian. Kata Kunci: Teknik pembelajaran, Interaksi Siswa, Pola berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik pembelajaran, Interaksi Siswa, Pola berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Segy Bintang Nabila |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 15:39 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 15:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5265 |
Actions (login required)
View Item |