Manik, Ni Komang Intan Sekar (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071050-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071050-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (668kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071050-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian pre-test post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Nusa Penida tahun ajaran 2020/2021 yang terbagi dalam 3 kelas dengan jumlah 73 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 48 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian sebanyak 9 butir pada materi getaran, gelombang dan bunyi dengan reliabilitas tes 0,72. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA. Hasil analisis pengujian hipotesis menemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction dengan uji LSD yaitu 24,891 lebih besar dari 5,167.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran langsung (direct instruction) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Intan Sekar Manik |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 11:14 |
Last Modified: | 20 Feb 2021 11:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5273 |
Actions (login required)
View Item |