Suartini, Ni Kadek (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI DAN DI DALAM MODA DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA BALI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071013-COVER.pdf Download (508kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071013-ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829071013-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829071013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829071013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1829071013-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071013-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Suartini, Ni Kadek (2020), Pengaruh model pembelajaran GI dan DI dalam moda daring terhadap prestasi belajar Bahasa Bali dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA. Tesis, Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Wayan Sukra Warpala, M.Sc dan Pembimbing II: Dr. I Made Tegeh, M.Pd. Kata-kata kunci: model pembelajaran group investigation, model pembelajaran direct instruction, moda daring, prestasi belajar Bahasa Bali, dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran group investigation dalam moda daring terhadap prestasi belajar Bahasa Bali dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA secara bersama-sama, (2) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar Bahasa Bali antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran group investigation dengan model direct instruction dalam moda daring peserta didik kelas XII SMA, dan (3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran group investigation dengan model direct instruction dalam moda daring peserta didik kelas XII SMA. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, telah dilakukan eksperimen. Pelaksanaan eksperimen dilakukan dengan mengkomparasikan model pembelajaran group investigation dalam moda daring dengan model pembelajaran direct instruction dalam moda daring. Eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 1 Manggis tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 sebagai sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar Bahasa Bali dan tes keterampilan berpikir kritis. Tes prestasi belajar Bahasa Bali terdiri dari 15 butir soal dengan indeks reliabilitas alpha Cronbach = 0,757. Tes keterampilan berpikir kritis terdiri dari 15 butir soal dengan indeks reliabilitas alpha Cronbach = 0,951. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis secara deskriptif dan statistik mancova (multivariate analysis of covariance) satu jalur. Mancova satu jalur untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, ditemukan hasil-hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan model direct instruction dalam moda daring terhadap prestasi belajar Bahasa Bali dan keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Bali antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran group investigation dan peserta didik yang belajar dengan model direct instructin dalam moda daring, dan (3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran group investigation dan peserta didik yang belajar dengan model direct instruction dalam moda daring. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran group investigation dalam moda daring memberikan pengaruh yang lebih efektif untuk peningkatan prestasi belajar Bahasa Bali dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Manggis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran group investigation, model pembelajaran direct instruction, moda daring, prestasi belajar Bahasa Bali, dan keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Suartini |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 09:46 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 09:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5328 |
Actions (login required)
View Item |