Nursanti, Amanah (2021) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS VGUGUS TUANKU IMAM BONJOL KECAMATANDENPASAR BARAT TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031220-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031220-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031220-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (388kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031220-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031220-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031220-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031220-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031220-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan tekhning random sampling dengan pengacakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 25 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas V SDN 7 Dauh Puri sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan adalah nilai kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai kognitif (post test). Datakompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument berupa test objektif pilihan ganda, kemudian data dianalisis menggunakan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 3,44 ini dibandingikan dengan taraf signifikansi 5% dan dk=33+30-2=61 diperoleh ttabel = 2,00 sehingga thitung = 3,44 > ttabel = 2,00 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelas yang dibelajarakan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis Portofolio dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis Portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat tahun 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Portofolio, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | AMANAH NURSANTI |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 01:22 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
View Item |