Herty, Fazira Pretty (2021) Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text
1412011059-COVER.pdf Download (599kB) |
|
Text
1412011059-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text
1412011059- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text
1412011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
1412011059- BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text
1412011059- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
1412011059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text
1412011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text
1412011059-LAMPIRAN.pdf Download (569kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik penilaian autentik yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis karya ilmiah siswa kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja, penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis karya ilmiah siswa kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja, dan untuk mengidentifikasi kendala guru dalam melakukan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis karya ilmiah siswa kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis karya ilmiah siswa kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah teknik penilaian autentik guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis karya ilmiah siswa kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja. Dalam hal ini peneliti membatasi masalah hanya pada teknik penilaian autentik, penerapan penilaian autentik, dan kendala dalam melakukan penilaian autentik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Dari keseluruhan teknik penilaian autentik yang ada, guru Bahasa Indonesia menggunakan teknik tes atau tanya jawab, performasi, penilaian sikap atau pengamatan, proyek, penilaian teman sejawat, penilaian proses, penilaian hasil, dan jurnal (2) Penerapan penilaian autentik lebih banyak dilakukan dengan memberi tugas secara berkelompok dalam bentuk diskusi dan projek (3) Dalam penelitian ini, ditemukan ada beberapa kendala guru Bahasa Indonesia dalam melakukan penilaian autentik, diantaranya dari segi alokasi waktu, sikap peserta didik, penilaian antar teman, dan pengelolaan kelas. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Bahasa Indonesia, karya tulis ilmiah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Bahasa Indonesia, karya tulis ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | FAZIRA PRETTY HERTY |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 12:34 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 12:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5424 |
Actions (login required)
View Item |