Dama, Antonius Ralenggosa (2021) ANALISIS TINGKAT PENGUASAAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031035-COVER.pdf Download (757kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031035-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (544kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1613031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (614kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031035-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tingkat penguasaan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal-soal kimia pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif. Pelaku penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 4 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020 pasca mengikuti pembelajaran pokok pembahasan larutan penyangga dengan pendekatan saintifik melaui model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai salah satu model pembelajaran yang direkomondasikan kurikulum 2013. Data diambil dengan cara pemberian tes dan deskripsi perangkat pembelajaran yang digunakan. Tingkat penguasaan kognitif terhadap jawaban butir-butir soal tes akan dikelompokan berdasarkan kategori jenjeng kognitif dan tingkat dukungan penguasaan kognitif pada alasannya untuk jawaban benar, jawaban salah dan tidak menjawab kemudian. Rancangan perangkat pembelajarannya sebagai informasi tambahan yang digunakan cukup memadai menudukung model pembelajaran yang direncanakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase jawaban benar tertinggi terjadi pada jenjang kognitif C2 yaitu 53,5 % yang tergolong rendah dan dukungan penguasaan tingkat kognitif pada alasannya untuk soal-soal pilihan ganda tergolong rendah. Tingkat capaian kognitif yang lebih rendah juga terjadi untuk jenjang kognitif yang lebih tinggi C3, C4, C5 dan C6 dengan tingkat dukungan penguasaan kognitif alasannya yang rendah pula. Hasil demikan mengindikasikan siswa masih kuat belajar melalui rote learning dan implementasi perangkat model pembelajaran guided inkuiri yang hanya melalui daring dalam situasi Covid-19 belum efektif sesuai dengan rancangannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, kognitif, larutan penyangga dan kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | ANTONIUS RALENGGOSA DAMA |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:12 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5454 |
Actions (login required)
View Item |