Sukmasari, Ni Ketut Reni (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Materi Masalah Sosial pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Nomor 5 Abiansemal Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031239-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031239-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031239-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031239-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031239-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031239-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031239-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031239-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031239-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena belum optimalnya guru dalam mengkreasikan sebuah media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi ajar. Dilaksanakannya penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual muatan materi masalah sosial pada pembelajaran IPS kelas IV SD. (2) untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual muatan materi masalah sosial pada pembelajaran IPS kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Development, Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data kuantitatif dan data kualitatif dengan menggunakan metode non tes berupa angket serta didukung pula dengan metode wawancara dan observasi (tak terstruktur). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan berupa (1) Rancang bangun multimedia interaktif, yang meliputi beberapa tahapan, seperti (a) tahap decide, (b) tahap design, (c) tahap develop, dan (d) tahap evaluate. (2) Multimedia interaktif berbasis kontekstual yang dinyatakan layak berdasarkan (a) hasil penilaian ahli isi (konten) pembelajaran yang mencapai persentase 96,43% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran yang mencapai persentase 94,23% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran yang mencapai persentase 91,17% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan yang mencapai persentase 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, serta hasil uji coba kelompok kecil yang mencapai persentase 95,13% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi berdasarkan hasil uji kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual menunjukkan hasil yang sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, DDD-E, kontekstual, masalah sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Reni Sukmasari |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:44 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5525 |
Actions (login required)
View Item |