Iffah, Asma Munadian (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041030-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041030-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613041030-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (757kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613041030-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613041030-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041030-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1613041030-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041030-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan lembar kerja siswa berbasis masalah pada pembelajaran biologi yang valid dan efektif di SMA. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 di MAN Karangasem dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Model penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D yang dibatasi hanya sampai dengan tiga tahap meliputi tahap define, design dan development. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi, lembar validasi soal, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil validitas oleh ahli dengan rerata persentase 80% kategori baik dan oleh praktisi penilaian dengan rerata persentase sebesar 89,7% kategori sangat baik. Kepraktisan melalui respon guru dengan persentase sebesar 87,69% dengan kategori praktis dan respon siswa dengan persentase 77% dengan kategori baik. Hasil uji validitas soal diperoleh skor rata-rata 0,93 dengan kategori sangat relevan. Efektivitas menggunakan perhitungan ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil penilaian dengan persentase 78,57%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis masalah dinyatakan memiliki kualitas yang valid, praktis dan efektif ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: pengembangan, lembar kerja siswa, berbasis masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, lembar kerja siswa, berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | ASMA MUNADIAN IFFAH |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:38 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5646 |
Actions (login required)
View Item |