Rismayanti, Luh Ayu (2021) DESCRIBING TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE USE OF INDUCTIVE APPORACH IN TEACHING GRAMMAR AS FOREIGN LANGUAGE IN SMPN 3 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021074-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021074-ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021074-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021074-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021074-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021074-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021074-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021074-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap penggunaan pendekatan induktif dalam pengajaran tata bahasa. Beberapa bukti telah mengungkap hal serupa dalam konteks yang berbeda tetapi kurang pada konteks persepsi. Penelitian kualitatif dengan studi kasus ini dilakukan berdasarkan kasus yang terjadi pada tempat tertentu. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah pertama khususnya SMPN 3 Sawan. Ada tiga pertanyaan pokok penelitian, berkisar pada persepsi guru deduktif tentang pendekatan induktif, faktor yang mempengaruhi penerapan induktif, dan beberapa masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaannya. Tiga orang guru dipilih sebagai partisipan deduktif (subjek utama) dan satu orang sebagai partisipan induktif (subjek tambahan) dalam penelitian ini. Partisipan diperoleh dengan menggunakan observasi awal. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tiga instrumen yaitu observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Hasilnya, 3 temuan utama penelitian ini terungkap, yaitu: 1) terdapat indikasi persepsi yang positif dari guru deduktif terhadap penggunaan pendekatan induktif dalam pembelajaran tata bahasa; 2) ada faktor kontekstual (kesiapan siswa, kesiapan guru, tingkat kesukaran materi, tuntutan kurikulum, dan perasaan siswa) dan faktor personal (sikap, minat, motif, pengalaman, pengetahuan, dan harapan) yang mempengaruhi penerapan induktif; 3) ada tiga kendala yang terekspos (kondisi siswa, kondisi guru, durasi target) dalam penerapan target. Namun, partisipan deduktif dan induktif setuju bahwa pendekatan deduktif lebih dominan digunakan oleh guru di sekolah ini apabila dilihat dari segi keefektifannya. Lebih lanjut, studi ini dapat membantu para guru untuk menyesuikan pendekatan yang efektif dalam pengajaran tata bahasa dengan mengamati beberapa faktor dan masalah yang ditemukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL, pengajaran tata bahasa, persepsi, pendekatan induktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Ayu Rismayanti |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5739 |
Actions (login required)
View Item |