PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK GUGUS III KECAMATAN PAYANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Parmini, Ni Made (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK GUGUS III KECAMATAN PAYANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061049-COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061049-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061049-LAMPIRAN.pdf

Download (423kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian keterampilan berbicara pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yaitu model RDR (Research, Development, Research) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa kisi-kisi dan lembar kuesioner, sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan wawancara. Seluruh data yang diperoleh akan dianalisis validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen.Hasil analisis uji validitas instrumen penilaian pada penelitan ini sebesar 1,00 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Hasil uji reliabilitas instrumen penilaian sebesar 0,82 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara layak dikembangkan dan digunakan untuk melakukan penilaian kepada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Kata kunci: Instrumen penilaian, keterampilan berbicara , anak kelompok B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, keterampilan berbicara , anak kelompok B.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: NI MADE PARMINI
Date Deposited: 25 Feb 2021 15:09
Last Modified: 25 Feb 2021 15:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5813

Actions (login required)

View Item View Item