Dewi, Niputusarasintia (2021) THE IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM MODEL IN TEACHING ENGLISH AT SAPTA ANDIKA JUNIOR HIGH SCHOOL IN ACADEMIC YEAR 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829081027-COVER.pdf Download (791kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081027-ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (560kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081027-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) implementasi Flipped Classroom untuk mengajar Bahasa Inggris; (2) prestasi siswa; (3) pendapat siswa; (4) perbedaan pendapat antara siswa berprestasi tinggi dan siswa berprestasi rendah terhadap Flipped Classroom untuk kelas VII di SMP Sapta Andika Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah 41 orang siswa kelas tujuh dan satu guru bahasa Inggris kelas tujuh. Dalam pengumpulan data dilakukan wawancara, pemberian kuisioner, post-test dan analisis RPP. Data yang diperoleh dari wawancara, kuisioner dan analisis RPP kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif sedangkan post-test dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa guru melakukan beberapa persiapan dalam menerapkan Flipped Classroom untuk pembelajaran bahasa Inggris dan terdapat prosedur pengajaran yang membedakan antara kegiatan kelas dan kegiatan di rumah. Prestasi belajar siswa berada pada rentang baik dan siswa juga memiliki pandangan yang positif terhadap penerapan Flipped Classroom. Kemudian, dengan membandingkan pendapat siswa berprestasi tinggi dan siswa berprestasi rendah, beberapa perbedaan yang potensial teridentifikasi yakni keinginan untuk menonton video sebelum kegiatan belajar di kelas dan kemauan untuk berbagi pemikiran di kelas serta kualitas video guru. Selain dalam hal pedagogi, Flipped Classroom juga membutuhkan penunjang seperti teknologi, oleh karena itu kemampuan menggunakan IT (Information and Technology) dan ketersediaan media IT perlu diperhatikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipped classroom, implementasi, pendapat |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Sara Sintia Dewi |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 15:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 15:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5832 |
Actions (login required)
View Item |