ANALISIS FEMINISME DAN SOSIOLOGI SASTRA PADA NOVEL MSBE KARYA PRAMOEDYA A.T. SERTA RELVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMAS LAB UNDIKSHA SINGARAJA

Dewi, Ni Made Sagita (2021) ANALISIS FEMINISME DAN SOSIOLOGI SASTRA PADA NOVEL MSBE KARYA PRAMOEDYA A.T. SERTA RELVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMAS LAB UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512011002-COVER.pdf

Download (602kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512011002-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011002-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011002-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011002-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011002-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1512011002-BAB V. PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512011002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) analisis teori feminisme berkaitan dengan ketidaksetaraan gender yang dialami tokoh Midah pada Novel MSBE Karya Pramoedya A.T dalam perspektif sosiologi sastra (2) serta relevansinya sebagai bahan ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas XI SMAS Lab Undiksha Singaraja. Penelitian ini, menggunakan 3 metode yakni, observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui penggunaan content analysis. Data dianalisis dengan 4 teknik yakni, Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat gerakan feminisme liberal, yang dilakukan Midah berupa kebebasan dan perjuangan dalam menjalani kehidupanya, serta terdapat bentuk ketidaksetaraan gender yang dialaminya, seperti: marginalisasi, subordinasi, steriotipe, dan violance/kekerasan (2) terdapat relevansi Novel MSBE sebagai bahan ajar di Kelas XI SMAS Lab Undiksha, berdasarkan Buku bahan ajar Pendidikan Bahasa Indonesia pada Bab IV memahami karakteristik sinopsis novel yang sesuai (KI:1,2,3) dan (KD:3.4,4.4) Kurikulum 2013, serta relevan dengan 5 kriteria pemilihan dan penyajian bahan ajar, sekaligus memenuhi 2 kriteria kevalidan dan kesesuaian. Selain relevan sebagai bahan ajar, novel MSBE di dalamnya mengandung pesan moral mendalam yang membangun karakter dan imajinasi para siswa/siwi di kelas untuk lebih mengerti kesetaraan, khususnya kehadiran gender perempuan di kehidupan sosial masyarakat. Kata Kunci: Novel, Sosiologi Sastra, bahan ajar SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: novel1, sosiologi sastra2, bahan ajar SMA3
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Made Sagita Dewi
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:53
Last Modified: 26 Feb 2021 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item