Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Muatan Materi Masalah Sosial Kelas IV SD No. 1 Sempidi Tahun Ajaran 2020/2021

Wiranata, I Made Rai Aditya (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Muatan Materi Masalah Sosial Kelas IV SD No. 1 Sempidi Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031112-COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031112-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031112-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031112-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031112-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031112- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031112-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kesulitan guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang membuat peserta didik belajar secara aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui rancang bangun LKPD berbasis pemecahan masalah kontekstual pada muatan materi masalah sosial kelas IV SD No. 1 Sempidi Tahun Ajaran 2020/2021 dan (2) untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis pemecahan masalah kontekstual pada muatan materi masalah sosial kelas IV SD No. 1 Sempidi Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu: metode observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan LKPD yaitu (1) Rancang bangun LKPD dibuat berdasarkan tahap ADDIE yang terdiri dari a) tahap analyze, b) tahap design, c) tahap development, d) tahap implementation, dan e) tahap evaluation. (2) Kelayakan produk yang dikembangkan didasari oleh penilaian yang dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 89,58% dengan kualifikasi baik, uji perorangan sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,83% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan LKPD berbasis pemecahan masalah kontekstual yang dikembangkan layak untuk digunakan pada pembelajaran masalah sosial kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lembar kerja peserta didik, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I MADE RAI ADITYA WIRANATA
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:06
Last Modified: 02 Mar 2021 04:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item