Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Masalah pada Materi Skala Kelas V di SD Negeri 2 Ketewel, Sukawati, Gianyar

Padmawati, Ni Kadek Arum (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Masalah pada Materi Skala Kelas V di SD Negeri 2 Ketewel, Sukawati, Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031133-COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031133-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031133-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031133-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031133-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031133-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031133-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031133-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031133-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran matematika berorientasi masalah pada materi skala kelas V di SD Negeri 2 Ketewel dan mengetahui validitasnya. Video pembelajaran dikembangkan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dengan menyebarkan angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengembangan video pembelajaran matematika berorientasi masalah pada materi skala kelas V melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji validitas video pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 85,41% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas video pembelajaran oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas video pembelajaran oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase skor 87,5% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas video pembelajaran oleh subjek uji coba perorangan memperoleh persentase skor 95,66% dengan kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, video pembelajaran matematika berorientasi masalah pada materi skala kelas V ini layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, matematika, masalah kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK ARUM PADMAWATI
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:01
Last Modified: 19 Mar 2021 06:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item