Andriyani, Ni Luh (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Ciri-Ciri Hewan dan Habitatnya Bermuatan IPA Kelas VI SD No 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031228-COVER.pdf Download (276kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031228-ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031228-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031228-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031228-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasari pada latar belakang karena kurang tersedianya media pembelajaran berupa video dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sehingga belum mampu menarik perhatian siswa saat belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berbasis problem solving bermuatan IPA dan untuk mendeskripsikan kelayakan video pembelajaran berbasis problem solving bermuatan IPA menurut evaluasi uji ahli dan uji coba perorangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai langkah pengembangannya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang dilengkapi dengan wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek uji produk penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VI SD No. 2 Tibubeneng yang hasil belajar setiap siswanya berbeda-beda. Hasil penilaian tahap uji coba produk oleh ahli isi mata pelajaran adalah 100% pada kategori sangat baik, oleh ahli desain istruksional adalah 91,67% pada kategori sangat baik, ahli media pembelajaran 93,3% pada kategori sangat baik dan uji perorangan mendapatkan hasil 95,23% berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan produk video pembelajaran berbasis problem solving layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video pembelajaran, Problem Solving, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Andriyani |
Date Deposited: | 05 May 2021 02:00 |
Last Modified: | 05 May 2021 02:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6154 |
Actions (login required)
View Item |