Witari, Ida Ayu Ketut Yuni Brahmi (2021) Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian terhadap Kinerja Guru di SD Gugus III Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031040-COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031040-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031040-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalah dari penelitian ini adalah masih rendahnya kreatifitas guru dalam mengelola proses pembelajaran daring dan kendala kedisiplinan peserta didik yang berkaitan dengan hasil kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan dengan jenis ex-post facto asosiatif, dengan jumlah populasi 36 guru berkualifikasi PNS yang diambil menggunakan teknik sampling total, tempat penelitian di SD Gugus III Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu metode angket dan pencatatan dokumen. Setelah uji prasyarat telah terpenuhi, dilanjutkan pengujian pada hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi ganda. Bedasarkan hasil analisis diketahui hasilnya, (1) terdapat korelasi yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan rhitung 0,598 > rtabel 0,329 (2) terdapat korelasi yang signifikan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru dengan rhitung 0,359 > rtabel 0,329 dan (3) terdapat korelasi yang signifikan kompetensi pedagogik dan kepribadian terhadap kinerja guru dengan nilai rhitung 1 > rtabel 0,329. Dari hasil penelitian ini disimpulkan terdapat korelasi yang signifikan kompetensi pedagogik dan kepribadian terhadap kinerja guru di SD Gugus III Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan demikian apabila kompetensi pedagogik dan kepribadian pada guru dapat dilaksanakan secara beriringan dituangkan dalam proses pembelajaran untuk membangun kinerja yang baik. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kinerja guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kinerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Ketut Yuni Brahmi Witari |
Date Deposited: | 17 May 2021 01:33 |
Last Modified: | 17 May 2021 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6170 |
Actions (login required)
View Item |