Octavyanti, Ni Putu Liana (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NOMOR 3 BUDUK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031262-COVER.pdf Download (613kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031262-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031262-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031262-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031262-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031262-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031262-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031262-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031262-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan kebutuhan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika, (2) mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan menurut review para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner/angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar kuesioner/angket. Adapun hasil validasi produk video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 79,54% dengan kualifikasi baik, dan ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 93,33% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 93,74% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 90,62% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, maka dapat disimpulkan media video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika layak untuk digunakan di kelas IV SD Nomor 3 Buduk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, pendekatan kontekstual, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Liana Octavyanti |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6231 |
Actions (login required)
View Item |