Karmini, Ni Kadek Ayu (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS IR. SOEKARNO KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1711031282-COVER.pdf Download (556kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031282-ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031282-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031282-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031282-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031282-BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031282-BAB 5-PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031282-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Upaya peningkatan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh tingkat kedisiplinan dan profesionalitas guru dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya di sekolah. Upaya untuk meningkatkan kualitas guru masih belum maksimal terwujud, hal ini dilihat dari banyaknya guru yang masih melakukan pelanggaran disiplin kerja yang bisa ditemui di media elektronik, media cetak maupun di lapangan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru yang berjumlah 70 orang. Sampel pada penelitian menggunakan teknik sampling total yaitu semua anggota populasi menjadi sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes, yaitu angket. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka, (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap disiplin kerja guru berdasarkan Fhitung = 26,798 > Ftabel = 3,98 dengan kontribusi sebesar 10,45%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru berdasarkan Fhitung = 30,836 > Ftabel = 3,98 dengan kontribusinya sebesar 21,75%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru berdasarkan F_(hitung )15,910 > dan F_(tabel ) 3,13 dengan kontribusinya sebesar 32,20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan kontribusi sebesar 32,20%, maka terdapat faktor lain yang mempengaruhi disiplin kerja guru selain kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, supervisi kepala sekolah, disiplin |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Karmini |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 11:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 11:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6232 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS IR. SOEKARNO KECAMATAN DENPASAR SELATAN. (deposited 08 Jul 2021 11:53) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |