Agustina, Putu Nanik Siska Sri (2021) Adversity Quotient (AQ) Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VI SD Gugus 1 Blahbatuh Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031233-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031233-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031233-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031233-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031233-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ketahanan seseorang dalam menghadapi permasalahan dikenal dengan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan AQ antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VI SD Gugus 1 Blahbatuh Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai informasi yang berkaitan dengan ketahanan yang dimiliki oleh masing-masing siswa dalam menghadapi suatu permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis kausal komparatif dengan metode pengumpulan data diperoleh melalui angket tertutup. Sebelum data dianalisis dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji fisher sebagai prasyarat dilakukan analisis uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t diperoleh t hitung = 2,41 pada taraf signifikan 5% dan (db) 55 + 55 – 2 = 108 diperoleh t tabel = 1,98. Sehingga nilai t hitung = 2,41 > t tabel = 1,98, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa AQ yang dimiliki siswa laki-laki dan perempuan berbeda secara signifikan di SD Gugus 1 Blahbatuh Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021 dan terimplikasi sebagai tambahan informasi mengenai pengembangan AQ untuk siswa khususnya pada jenjang sekolah dasar sehingga membantu memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AQ, Jenis Kelamin, Siswa SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nanik Siska Sri Agustina |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 00:50 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6235 |
Actions (login required)
View Item |