Nata, I Kadek Wisnu (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Decide Design Develop Evaluation pada Muatan IPA Kelas V SD No. 3 Abiansemal Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031094-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031094-ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (918kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
1711031094-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E pada muatan IPA kelas V SD No. 3 Abiansemal (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E pada muatan IPA kelas V SD No. 3 Abiansemal. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian yaitu model DDD-E. Model pengembangan DDD-E memiliki 4 tahapan utama diantaranya (1) Decide/ menetapkan (2) Design/ merancang tampilan (c) Develop/ mengembangkan (d) Evaluation/ revisi. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Validasi media bedasarkan uji para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian menggunakan 3 peserta didik untuk uji coba perorangan, dan 9 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 94,6% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 87.5% dengan kategori tergolong baik. Uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 94.0% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji perorangan memperoleh skor sebesar 91.03% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji kelompok kecil memperoleh skor sebesar 88.68% dengan kategori tergolong baik. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E muatan IPA sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan. Multimedia Interaktif. DDD-E |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Wisnu Nata |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 01:00 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 01:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6240 |
Actions (login required)
View Item |