Putriningsih, Ni Komang (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MODEL ADDIE BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS V DI SD NO.4 SIBANGKAJA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031178-Cover.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031178-Abstrak.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031178-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031178-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031178-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031178-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031178-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031178-Daftar Pustaka.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031178-Lampiran.pdf Download (8MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SD No.4 Sibangkaja diketahui bahwa ketersediaan media di sekolah masih sangat minim dan metode pembelajaran yang digunakan guru masih monoton. Tujuan dari kegiatan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media Pop-up Book dan (2) mendeskripsikan kualitas hasil media Pop-up Book yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan evaluasi formatif melalui kegiatan evaluasi dari review para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran) dan uji coba produk melalui uji coba perorangan. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen. Subjek uji coba terdiri dari uji ahli isi, ahli desain, ahli media, uji coba perorangan. Berdasarkan review ahli isi muatan pelajaran adalah 93,75% (sangat baik). Hasil review ahli desain pembelajaran adalah 97,22% (sangat baik). Hasil review ahli media pembelajaran adalah 93,18% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan adalah 98,3% (sangat baik). Hal ini menunjukan bahwa media Pop-up Book sangat layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Pop-up Book, ADDIE Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG PUTRININGSIH |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:26 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6241 |
Actions (login required)
View Item |