Pengembangan Media Video Animasi Daring Berpendekatan Kontekstual pada Muatan Materi IPA Kelas IV SD Negeri 2 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2020/2021

Mardanti, Ni Putu Ari (2021) Pengembangan Media Video Animasi Daring Berpendekatan Kontekstual pada Muatan Materi IPA Kelas IV SD Negeri 2 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031135-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031135-ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031135-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031135-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031135-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031135-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031135-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031135-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031135-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SD Negeri 2 Blahbatuh adalah kurangnya bahan pendukung pembelajaran dan perlunya pengembangan media untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran daring yang berlangsung saat ini. Pembelajaran hanya berpatokan pada buku tema, maka dari itu, perlu dikembangkan video animasi daring berpendekatan kontekstual pada muatan materi IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video animasi daring pada muatan materi IPA kelas IV sekolah dasar dan (2) mendeskripsikan kelayakan video animasi daring pada muatan materi IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner atau angket, metode wawancara dan metode pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Subjek penelitian penelitian ini berjumlah 2 orang ahli dan 12 orang siswa kelas IV di SD Negeri 2 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian ini (1) deskripsi rancang bangun pengembangan media video animasi daring berpendekatan kontekstual berupa hasil dokumentasi pengembangan produk, (2) kelayakan media menurut review ahli isi mata pelajaran diperoleh nilai sebesar 100% kualifikasi sangat baik, review ahli desain pembelajaran diperoleh nilai 97% dengan kualifikasi sangat baik, review ahli media pembelajaran diperoleh nilai 97% dengan kualifikasi sangat baik, review ahli perorangan diperoleh sebesar 97,3% dengan kualifikasi sangat baik dan review ahli kelompok kecil dengan perolehan 98,67% dengan kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan pengembangan media video animasi daring berpendekatan kontekstual sangat baik sehingga layak digunakan dalam muatan materi IPA kelas IV SD Negeri 2 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Video Animasi, Kontekstual, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU ARI MARDANTI
Date Deposited: 15 Jun 2021 01:02
Last Modified: 15 Jun 2021 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item View Item