Dewi, Ni Made Mita Puspita (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031064-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031064-ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (478kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031064-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian hasil belajar IPA tema 8 berbasis Higher Order Thinking Skill kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D, yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Subyek penelitian ini adalah instrument penilaian hasil belajar IPA berbasis HOTS berupa kisi-kisi, dan lembar tes pilihan ganda. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, angket, rating scale dan tes. Hasil yang didapatkan akan dianalisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, kualitas pengecoh, respon praktisi dan respon siswa. Hasil analisis intrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS memiliki validitas sebesar 0,93 yang berada pada kategori sangat tinggi, reliabilitas sebesar 0,93 yang berada pada kategori sangat tinggi. Analisis respon praktisi rata-rata skor keseluruhan yaitu 3,69 dengan kategori “Sangat Baik”. Analisis respon siswa diperoreh skor rata-rata 3,58 dengan kategori “Sangat Baik”. Analisis daya beda 8 butir soal dengan kriteria baik, 8 butir soal dengan kriteria cukup baik, dan 9 butir soal dengan kriteria kurang baik. Analisis tingkat kesukaran mendapatkan hasil sebanyak 1 soal berada pada kategori sukar, 19 soal berada pada kategori mudah, dan 5 soal berada pada kategori sedang. Analisis kualitas pengecoh instrument yang dikembangkan sebanyak 35 pengecoh berada pada taraf >5% yang artinya pengecoh berfungsi dengan baik dan 40 pengecoh berada pada taraf ≤5% yang artinya pengecoh tidak berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil yang di peroleh, menunjukkan instrument penilaian hasil belajar IPA tema 8 berbasis Higher Order Thinking Skill kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan valid dan reliabel serta layak digunakan sebagai instrumen penilaian pada materi siklus air.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian hasil belajar IPA, HOTS, model 4D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Mita Puspita Dewi |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:28 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6433 |
Actions (login required)
View Item |