PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VI SD PADA TEMA PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

Anggreni, Ni Kadek Ledi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VI SD PADA TEMA PERSATUAN DALAM PERBEDAAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031237-COVER.pdf

Download (890kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031237-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031237-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031237-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031237-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031237-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031237-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031237-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031237-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas VI SD pada Tema Persatuan dalam Perbedaan yang valid dan realiabel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan model RDR dengan tahapan pengembangan yaitu research (studi pendahuluan), tahap development (pengembangan), dan tahap research (uji efektivitas produk). Pada tahap research (uji efektivitas produk), uji coba instrumen yang melibatkan siswa tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu, tenaga, dan kondisi Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi instrumen dengan melibatkan dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas VI SD. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang terdiri atas kisi-kisi dan kuesioner dengan jumlah pernyataan kuesioner sikap spiritual sebanyak 20 item pernyataan dan kuesioner sikap sosial sebanyak 30 item pernyataan. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data pada uji validitas isi menggunakan rumus Gregory dan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus percentage of agreement. Hasil relevansi instrumen yang dilakukan oleh dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas VI menunjukkan hasil yang relevan terhadap semua item pernyataan yang ada. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian sikap spiritual menunjukkan hasil sebesar 1,00 dan pada sikap sosial menunjukkan hasil sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen sikap spiritual dan sikap sosial menunjukkan hasil sebesar 1,00 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel, sehingga layak untuk digunakan menilai sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas VI SD pada Tema Persatuan dalam Perbedaan. Kata-kata kunci: instrumen penilaian, sikap spiritual, sikap sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, sikap spiritual, sikap sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ledi Anggreni
Date Deposited: 13 Jul 2021 00:27
Last Modified: 13 Jul 2021 00:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item