Anggraeni, Ni Putu Sri Diah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES HASIL BELAJAR IPA BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA TEMA 7 SISWA KELAS IV SD DI GUGUS LOMPA BATANG KECAMATAN MELAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031247-COVER.pdf Download (907kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031247-ABSTRAK.pdf Download (578kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (605kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031247-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031247-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031247-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian tes hasil belajar IPA berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Model pengembangan yang digunakan penelitian ini ialah 4D, yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Subyek penelitian ini adalah instrument penilaian hasil belajar IPA berbasis HOTS berupa kisi-kisi, dan lembar tes pilihan ganda. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi, dan tes. Hasil yang didapatkan akan dianalisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan kualitas pengecoh. Hasil analisis intrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS memiliki validitas sebesar 0,9 yang berada pada kategori sangat tinggi, reliabilitas sebesar 0,81 yang berada pada kategori sangat tinggi. Analisis daya beda mendapatkan hasil 2 butir soal dengan kriteria sangat baik, 14 butir soal dengan kriteria baik, dan 9 butir soal dengan kriteria cukup. Pada uji tingkat kesukaran hasilnya sebanyak 12 soal berada pada kategori mudah, dan 13 soal berada pada kategori sedang. Analisis uji kualitas pengecoh mendapatkan hasil 63 pengecoh berada pada taraf >5% yang artinya pengecoh berfungsi dengan baik dan 12 pengecoh berada pada taraf ≤5% yang artinya pengecoh tidak berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil yang di peroleh, menunjukkan instrumen penilaian tes hasil belajar IPA berbasis HOTS yang dikembangkan valid dan reliabel serta layak digunakan sebagai instrumen penilaian pada materi macam-macam gaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrument penilaian, hasil belajar IPA, HOTS, model 4D. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU SRI DIAH ANGGRAENI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:30 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6439 |
Actions (login required)
View Item |