Suwiantini, Luh Amay (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Topik Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031088-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031088-ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031088-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031088-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031088-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031088-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031088-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031088-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031088-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Rendahnya motivasi belajar siswa karena penggunaan media pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada topik sumber energi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan kondisi saat ini sedang terjadi pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang di nilai oleh 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli desain dan 2 orang ahli praktisi serta uji perorangan oleh 3 orang siswa dan uji kelompok kecil oleh 6 orang siswa. dan objek penelitian ini adalah validitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media dari 1) ahli materi dengan nilai 94,63% 2) Ahli media dengan nilai 93,33% 3) ahli desain dengan nilai 91,66%. 4) Ahli Praktisi dengan nilai 91,66% 5) uji coba perorangan dengan nilai 96,11% 6) Uji coba kelompok kecil dengan nilai sebesar 94,77%. Jadi, media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dihasilkan berkualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber energi, multimedia, interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | LUH AMAY SUWIANTINI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:32 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6446 |
Actions (login required)
View Item |