Wulandari, I Gusti Ayu Yusri (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NO. 4 SIBANGKAJA TAHUN 2020 / 2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031304-Cover.pdf Download (788kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031304-Abstrak.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031304-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031304-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031304-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031304-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031304-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031304-Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031304-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ketersediaan media pembelajaran di kelas V masih sangat kurang, khusus nya media pembelajaran IPA yang tergolong sangat rendah diakibatkan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru, dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran saat mengajar dan siswa mudah bosan belajar di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian pengembangan mengetahui kelayakan video pembelajaran muatan IPA dengan materi sistem pernapasan manusia, Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perencanaan (Design), (3) Pengembangan (development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah melalui angket/kuesioner yaitu data hasil review ahli isi, review ahli desain, review ahli media, dan data hasil uji perorangan yaitu berupa data hasil review siswa. Produk yang dikembangkan adalah video pembelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manusia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Nilai rata – rata validitas pada ahli isi atau materi 87,5% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran 95% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 95% dengan kualifikasisangat baik, dan uji coba perorangan 95,8% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian berdasarkan analisis ini, pengembangan media video pembelajaran muatan IPA materi sistem pernapasan manusia dengan model pengembangan ADDIE dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Yusri Wulandari |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:53 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6461 |
Actions (login required)
View Item |