STUDI EVALUASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DITINJAU DARI ASPEK (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN ABIANSEMAL

Mitarani, Ni Nyoman (2021) STUDI EVALUASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DITINJAU DARI ASPEK (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031271-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031271-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031271-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031271-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031271-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031271-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031271-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031271-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031271-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui efektivitas Studi Evaluasi Supervisi Kepala Sekolah Ditinjau dari Aspek (context, input, process, product) di Sekolah Dasar.Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Jenis penelitian ini merupakan evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Subjek yang diteliti sebanyak 64 kepala sekolah yang ada di sekolah dasar . Pengumpulan data evaluasi supervisi kepala sekolah ini dilakukan dengan metode non tes dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner langsung. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif kuantitatif, kemudian dikonversikan ke dalam Z skor setelah itu ditransformasikan ke dalam T skor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komponen variabel context dengan efektivitas 3,0%, (2) efektivitas variabel input sebesar 6,3%, (3) efektivitas variabel process sebesar 3,7%, dan (4) efektivitas variabel product sebesar 21,9%. Di Setiap variabel itu sudah menghasilkan positif, yang dimana jika variabel positif itu dikatakan efektif dan kriteria yang digunakan disini menggunakan kuadran glickman. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah di sekolah dasar termasuk dalam kuadrat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Principal Supervision, Evaluation, CIPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI NYOMAN MITARANI
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:58
Last Modified: 12 Jul 2021 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6465

Actions (login required)

View Item View Item