Damayani, Kadek Putri Meita (2021) “HABITUS” BARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SMA AKIBAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMAN 2 SINGARAJA, BULELENG-BALI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714091001-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714091001-ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714091001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (450kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714091001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714091001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714091001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714091001-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
“HABITUS” BARU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SMA AKIBAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMAN 2 SINGARAJA, BULELENG-BALI) Kadek Putri Meita Damayani1, Luh Putu Sendratari2, I Ketut Margi3 Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e-mail: {meitadamayani@gmail.com1, lpsendra@yahoo.co.id2, ketut.margi@yahoo.co.id3} Abstrak Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran akibat pandemi covid-19, (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk habitus baru dalam proses pembelajaran sosiologi yang dibentuk oleh guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja pada masa pandemi covid-19, (3) Mendeskripsikan implikasi yang ditimbulkan dari adanya pembentukan habitus baru dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 2 Singaraja akibat pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tahap-tahap pengumpulan data diantaranya purposive sampling dsn snowball sampling, observasi non-partisipatif, wawancara mendalam (in-depht-interviewing), dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran akibat pandemi covid-19 sangatlah beragam, mulai dari adaptasi metode pembelajaran, adaptasi model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran, dan adaptasi evaluasi pembelajaran, (2) Bentuk-bentuk habitus baru dalam proses pembelajaran sosiologi yang dibentuk oleh guru sosiologi dan siswa di SMAN 2 Singaraja juga sangat beragam mulai dari habitus metode pembelajaran, habitus model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran, habitus evaluasi pembelajaran, dan habitus protokol kesehatan, (3) Implikasi dari adanya pembentukan habitus baru dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 2 Singaraja akibat pandemi covid-19 bagi guru sosiologi, siswa, dan orang tua siswa juga sangat beragam yaitu mulai dari implikasi habitus metode pembelajaran, implikasi habitus model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran, implikasi habitus evaluasi pembelajaran, dan implikasi habitus protokol kesehatan Kata kunci: Covid-19, Habitus, Strategi Pembelajaran, Adaptasi Cultural, Cultural Shock
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Habitus, Strategi Pembelajaran, Adaptasi Cultural, Cultural Shock. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Kadek Putri Meita Damayani |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6607 |
Actions (login required)
View Item |