Timur, Linau Kandi Ratna (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DALAM JARINGAN (DARING) GOOGLE MEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA SAAT MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGRI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendididkan Ganesha.
Text (COVER)
1714041005-COVER.pdf Download (956kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714041005-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1714041005-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1714041005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1714041005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1714041005-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714041005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B2 SMP Negri 2 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran Konvensional dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (Dua) kali sekaligus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B2 SMP Negri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan wawancara. Data yang didapat selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa pada penelitian siklus I ini menunjukkan bahwa: Pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,16 yang berada pada kategori cukup dan Daya Serap Siswa (DSS) 63,16%. Ketuntasan belajar siswa secara individu sebanyak 7 orang siswa yaitu 21,87%. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 77,96 yang berada pada kategori baik dan Daya Serap Siswa (DSS) 77,96% . Ketuntasan belajar siswa secara individu sebanyak 25 orang siswa yaitu 78,12%. Hasil penelitian pada siklus I, tanggapan siswa dengan skor rata-rata sebesar 52,34 yang berada pada kategori kurang dan pada siklus II dengan skor rata-rata sebesar 93, 21 yang berada pada kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 14,81% dan hasil tanggapan siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 40,87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konvensional, hasil belajar, tanggapan siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Linau Kandi Ratna Timur |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 06:35 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 06:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6769 |
Actions (login required)
View Item |