Dwiyanti, Kadek Erlita (2021) Developing Instructional Videos for Teaching Writing Online in SMP Pelangi Dharma Nusantara. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081025-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081025-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1920081025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081025-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi menulis online dalam bentuk video pembelajaran untuk diajarkan kepada siswa kelas VIII SMP Pelangi Dharma Nusantara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian dan pengembangan mengikuti langkah-langkah model ADDIE. Langkah-langkahnya adalah Menganalisis, Merancang, Mengembangkan, Mengimplementasikan, dan Mengevaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket siswa, pedoman wawancara guru, analisis silabus, dan rubrik evaluasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode Analisis Data Interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña (2014), sedangkan data penilaian ahli, pengguna dan siswa tentang kualitas bahan ajar dianalisis dengan menggunakan rumus Criterion Referenced Evaluation (Candiasa, 2010). Penelitian ini menghasilkan sembilan video pembelajaran. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh 2 juri ahli dan 2 juri pengguna, kesembilan video tersebut dikategorikan sebagai ‘Materi yang Sangat Bagus’. Satu video dipilih secara acak untuk diterapkan di kelas nyata. Siswa diberi penilaian yang sesuai dengan video tersebut dan hasilnya menunjukkan bahwa video tersebut dikategorikan sebagai 'Materi yang Baik'. Penelitian menyarankan kepada guru untuk menggunakan bahan ajar berupa video pembelajaran dan merekomendasikan peneliti lain untuk melakukan penelitian lain untuk mengimplementasikan semua video yang dikembangkan dan untuk menyelidiki keefektifan video.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, materi pembelajaran, pembelajaran online, keterampilan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | KADEK ERLITA DWIYANTI |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 06:53 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6773 |
Actions (login required)
View Item |